Gejala Penderita Asam Urat Dan Penyebab

Gejala penderita asam urat dan penyebab juga sangat penting untuk kita ketahui. di era yang serba instan seperti saat ini, sangat mudah sekali seseorang terkena oleh penyakit asam urat, langkah tepatnya untuk menghindarinya, yaitu dengan mengenal gejala maupun penyebab itu sendiri.

Gejala Asam Urat
Keluhan yang biasa dialami bisa berupa :

  • Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan bahkan sampai membengkak dan berwarna kemerahan (meradang).
  • tiba-tiba persendian terasa nyeri saat bangun tidur pada pagi hari dan juga terjadi pada malam hari.
  • terasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang kali.
  • Daerah yang mengalami sakit biasanya terjadi pada sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan serta siku.
  • Pada gejala penyakit asam urat yang sudah parah, persendian akan terasa sangat sakit saat akan bergerak.

Dan munculnya keluhan bukan terjadi dengan sendirinya, melainkan ada sebab yang harus juga kita cari tahu.

Penyebab Asam Urat
Meskipun inti dari munculnya penyebab berasal dari faktor produksi asam urat berlebih, namun ada beberapa hal yang dapat memicu tingginya kadar asam urat dalam tubuh, yaitu :

  • Faktor makanan – terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi. seperti¬† makanan laut, aneka jeroan hewan, makanan kalengan, jenis kacang kacangan, dan beberapa jenis sayuran. faktor makananan adalah hal yang sering menyebabkan penyakit muncul.
  • Faktor usia – tidak bisa kita pungkiri bahwa semakin tua usia kita, faktor hormonal sangat beresiko terhadap naiknya kadar asam urat. Menurut hasil penelitian kalangan pria beresiko terkena penyakit asam urat pada usia 40 tahun sedangkan wanita 50 tahun.
  • Faktor kerusakan ginjal – Bilamana terdapat kerusakan pada jaringan ginjal maka itu akan secara otomatis akan berpengaruh pada kinerja ginjal itu sendiri. Kadar asam urat tidak bisa diproses dalam ginjal secara normal dan pada akhirnya memicu penumpukan zat purin pada bagian sendi.
  • Faktor obesitas – Kegemukan adalah bahaya tersendiri yang beresiko terhadap munculnya penyakit asam urat.
  • Konsumsi minuman bersoda dan makanan mengandung alkohol – jenis makanan dengan aroma yang kuat seperti durian, nangka dan air kelapa yang mengandung kadar protein tinggi dapat memicu terjadinya asam urat.
  • Konsumsi minuman yang terlalu manis –¬† sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman ringan yang terlalu manis atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa adalah zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.
  • Mandi Malam – dari jaman dahulu memang telah dipesan oleh orang tua agar jangan mandi terlalu malam, bahaya mandi malam memang ternyata dapat menyebabkan asam urat. Selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

Sering kita beranggapan bahwa asam urat sering kita temua pada orang yang udah tua, Namun tahukah anda, gaya hidup serta pola makan kurang sehat bisa menyebabkan seseorang terkena asam urat pada usia muda.

Nah, demikian itulah gejala dan penyebab asam urat yang dapat kami share pada kesempatan ini, semoga dapat menjadi sumber tepat bagi anda untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindari dari penyakit asam urat.

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi