Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan & Dikonsumsi Saat Menstruasi

Selama masa datang bulan atau menstruasi berlangsung, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak boleh dilakukan dan juga dikonsumsi, karena dapat menyebabkan tidak nyaman, rasa nyeri dan kembung dan berbagai masalah kesehatan yang bisa muncul.

Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Ini dia hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama masa haid, antara lain :

  • Tidak Banyak Bergerak

Ketika menstruasi, gangguan yang paling sering terjadi adalah nyeri atau kram pada bagian perut. Hal tersebut cenderung membuat tubuh menjadi lemah dan banyak wanita memilih untuk hanya sekedar bermalas-malasan. Padahal ketika tubuh tidak banyak bergerak, atau bermalas-malasan dan tidak melakukan apapun, malah akan menjadikan nyeri dan kram menjadi tambah buruk. Jika memang tubuh terasa lemah untuk bergerak, maka Anda bisa sekedar melakukan gerakan ringan, seperti berjalan kaki, ataupun olahraga ringan.

  • Mencabut Bulu

Saat datang bulan, tubuh akan mengalami penurunan estrogen dan juga progesteron. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih peka pada rasa sakit. Karena alasan itulah mengapa mencabut bulu menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi. Bukan hanya itu saja, Anda juga disarankan untuk menghindari aktivitas yang bisa menyebabkan rasa sakit seperti mencabut gigi.

  • Melakukan Hubungan Intim

Ketika wanita menstruasi, maka area kewanitaan menjadi tidak steril karena keluarnya darah haid yang merupakan darah kotor. Jika pada saat ini Anda melakukan hubungan intim, maka kuman atau bakteri bisa menyebabkan infeksi, dan bisa menular pada pasangan. Bahkan dikatakan bahwa melakukan hubungan intim ketika datang bulan bisa menyebabkan terjadinya sudden death. Hal ini karena pembuluh darah dalam kondisi terbuka, sehingga ketika melakukan hubungan seksual akan membuat udara masuk ke pembuluh darah sampai ke jantung, dan bisa menyebabkan kematian.

  • Melakukan Aktivitas Berat Dan Berlebihan

Walaupun sebelumnya dilarang untuk tidak banyak bergerak, bukan berarti Anda harus melakukan aktivitas berat dan juga berlebihan. Melakukan aktivitas berat dan berlebihan malah akan menyebabkan tubuh menjadi lemas, dan berpengaruh pada kelancaran aliran darah haid yang akan keluar. Selain itu, tubuh akan cenderung lemah ketika haid, sehingga jika Anda melakukan aktivitas berat dan berlebihan bisa menyebabkan pingsan.

Baca Juga Klik : cara alami mengatasi menstruasi

  • Tidak Sering Mengganti Pembalut

Area kewanitaan cenderung akan lebih lembab, dan juga kotor karena tempat keluarnya darah. Maka dari itu, hindari penggunaan pembalut selama seharian penuh tanpa diganti. Jika tidak sering mengganti pembalut akan membuat area kewanitaan menjadi tempat berkembangbiak bakteri ataupun kuman yang bisa menginfeksi Anda. Usahakan untuk mengganti pembalut sesering mungkin, terutama jika darah yang Anda keluarkan lebih banyak.

  • Membiarkan diri dikuasai oleh emosi negatif

Sudah jadi hal yang lumrah bahwa perubahan hormon dan juga ketidaknyamanan ketika menstruasi akhirnya berdampak pada suasana hati. Namun jangan pernah biarkan emosi negatif menguasai diri Anda.

Bila memungkinkan, beri jeda dan tarik diri dari situasi atau pembicaraan yang bisa membuat Anda tertekan. Lakukan hal-hal yang membuat Anda nyaman seperti misalnya membaca atau mendengarkan musik. Selain itu, Anda juga bisa meluangkan waktu yang lebih banyak untuk beristirahat.

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Menstruasi

Pantangan Makanan Dan Minuman Saat Menstruasi Yang Patut Anda Ketahui Juga, Diantaranya :

  1. Es batu
    Saat menstruasi, rahim berkontraksi untuk terus meluruhkan darah kotor. Es batu dapat membuat kerja rahim terhenti sehinggga sebagian darah tertahan di rahim, membeku. Jika hal ini terus berulang, maka rahim butuh bekerja lebih kuat untuk meluruhkan darah yang membeku tadi. Hal ini akan menyebabkan kram perut yang luar biasa. Jadi sebaiknya hindari minum-minuman dingin selama masa menstruasi.
  2. Produk yang berbahan susu
    memang mengandung kalsium yang baik untuk tubuh namun susu juga mengandung asam arachadonic yang dapat menstimulasi keluarnya zat prostaglandin dari dalam tubuh. Hal ini menyebabkan rahim mengalami kejang dan kram yang cukup hebat.
  3. Gorengan
    Makanan yang diolah dengan cara digoreng mengandung lemak dan minyak jenuh. Makanan yang mengandung minyak ini menyebabka kadar hormon esterogen pada tubuh menjadi meningkat. Kondisi ini menyebabkan keadaan rahim menjadi tidak normal dan menyebabkan perut menjadi mual serta nyeri berkepanjangan. Akan tetapi, makanan yang digoreng menggunakan minyak sayur atau minyak hewan dipastikan lebih ramah terhadap rahim Anda.
  4. Makanan yang dipanggang
    Pengolahan makanan dengan cara panggang menyebabkan lemak trans dalam jumlah besar terkandung pada makanan tersebut. Hal ini juga dapat memicu peningkatan kadar esterogen dalam tubuh, sehingga menyebabkan terjadinya kram atau nyeri pada perut.
  5. Kafein
    Ketika haid tubuh mengeluarkan banyak cairan berupa darah, sedangkan minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan penyempitan pembulu darah yang dapat memicu terjadinya dehidrasi. Kekurangan cairan yang terjadi bisa menyebabkan berbagai hal yang salah satunya adalah pusing, sakit kepala dan tubuh menjadi cepat lelah.
  6. Minuman dan makanan manis
    Soda atau permen yang mengandung banyak gula jika dikonsumsi secara berlebihan selama masa datang bulan dapat meningkatkan kalori dan kadar gula di dalam darah. Peningkatan kadar gula dalam darah akan sangat berpengaruh pada emosi yang tak terkontrol.
  7. Junk Food
    Makanan yang dilarang saat menstruasi lainnya adalah makanan yang merupakan jenis makanan junk food dan makanan cepat saji. Kandungan lemak dan juga kolesterol pada bahaya junk food ini merupakan salah satu yang tertinggi, dan dapat menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak wajar. Selain itu, bahaya makanan cepat saji ini akan menyebabkan terganggunya proses haid atau menstruasi yang anda alami.Karena itu, demi kesehatan anda dan juga kelancaran dari proses haid yang anda almi, maka anda harus menghindari junkfood, dan konsumsilah makanan yang kaya akan serat, protein dan juga zat besi.
  8. Makanan Olahan
    Selain junk food makanan yang dilarang saat haid berikutnya adalah jenis makanan olahan. Makanan olahan seperti nugget, bakso, mie, dan berbagai jenis makanan lainnya juga merupakan salah satu jenis makanan yang dilarang saat menstruasi. Makanan ini bisa saja menyebabkan gangguan kelancaran dari proses haid yang anda jalani.

Jadi demikian itulah hal-hal yang tidak boleh dilakukan dan dikonsumsi saat menstruasi yang sering diabaikan oleh sebagian wanita.

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi