Makanan Kista – Pantangan dan Anjuran

Pantangan makanan kista dan anjuran – kista ovarium salah satu jenis penyakit yang hanya menyerang perempuan saja. dan secara umum, penyakit kista dapat sembuh dengan sendirinya (jinak), namun ada juga yang harus mengkonsumsi obat maupun operasi (ganas).Anjuran makanan kista dan pantangan

Baik sedang memiliki kista jinak maupun kista ganas, harus mengenal juga makanan yang boleh maupun yang tidak boleh di makan. karena dapat berpengaruh langsung terhadap penyakit kista, oke mari simak saja uraian lengkap di bawah ini.

Sejumlah menu pantangan makanan penyakit kista

♦ Makanan yang tinggi lemak
Gorengan, santan, dan daging merah adalah contoh dari makanan yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. kenapa harus dihindari? karena lemak bisa meningkatkan pertumbuhan kista dalam ovarium.

♦ Buah-buahan tertentu
Anggur, durian, dan nangka merupakan buah-buahan tertentu tersebut. Apa alasannya? Anggur, durian, dan nangka mengandung alkohol yang dapat memperparah kondisi kista dalam ovarium.

♦ Minuman beralkohol
Bir, arak, Cocktail, dan Wine adalah minuman yang mengandung alkohol yang harus anda hindari. karena alkohol bisa membuat kista lebih parah.

♦ Minuman dan makanan yang mengandung pengawet
Mie instant, snack, dan makanan kaleng adalah hal yang harus anda hindari. Karena biasanya menggunakan pengawet buatan yang mengandung zat kimia berbahaya sehingga mengkonsumsinya dapat memicu munculnya kista.

♦ Seafood
Walaupun jenis makanan ini sangat enak dan kaya protein, anda harus mengurangi konsumsi jenis ini. Karena seafood mengandung kolesterol yang cukup tinggi, sehingga dapat memicu kista untuk tumbuh di ovarium dan menganggu sirkulasi darah. Apalagi jika pengolahan seafood tersebut dengan cara digoreng atau dibakar, kandungan kolesterolnya akan naik 3 kali lipat.

♦ Junkfood dan Fastfood
Makanan jenis ini sangat mudah didapatkan, rasanya enak, dan cepat pengolahannya. Tetapi junkfood maupun fastfood memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan juga kandungan nutrisi yang sedikit. Sehingga mengkonsumsinya hanya akan memperparah kondisi kista. Makanan ini juga umumnya mengandung kalori tinggi dan pengawet.

♦ Tauge, Sawi, Cabai
Kenapa masuk kedalam pantangan makanan kista? Tauge bisa mempercepat perkembangan kista, sedangkan sawi bisa memperlambat proses pengobatan pada kista. Lalu, Cabai juga bisa mengurangi kandungan oksigen dalam tubuh sehingga berbahaya bagi penderita kista.

♦ Jeroan
Usus, paru, dan hati adalah contoh dari jeroan yang harus dihindari. Karena jeroan mengandung lemak yang sangat tinggi.

Anjuran Makanan Untuk Penderita Kista

⇒ Buah-buahan
Kandungan vitamin dalam buah-buahan dapat membantu penderita kista menjadi lebih sehat dan dapat membantu proses penyembuhan. buah-buahan yang bagus buat kista adalah tomat, pepaya, apel malang, jeruk, bit, jambu biji, dan belimbing manis. buah-buahan tersebut juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus.

⇒ Sayuran
Beberapa sayuran dapat menjaga kesehatan tubuh penderita kista serta membantu meringankan kista. seperti buncis, wortel, bayam, pare, dan brokoli hijau. brokoli memiliki sifat anti kanker.

⇒ Ikan Salmon
Ikan salmon kaya akan omega3 dan rendah indeks glikemik. selain baik untuk kesehatan jantung, ikan salmon juga dapat meningkatkan kadar hormon endrogen pada wanita dan baik dimakan oleh penderita kista.

⇒ Putih Telur
Merupakan makanan yang mengandung gizi tinggi. di dalam telur terdapat zat yang mampu melawan penyakit kista dalam tubuh.  harap dikonsumsi dengan cara yang direbus.

⇒ Kayu manis
Kayu manis merupakan rempah-rempah aromatik yang dapat memerangi penyakit kista.

⇒ Yogurt
Sangat dianjurkan minum jika sedang mempunyai penyakit kista. yogurt memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibanding susu.

⇒ Kacang-kacangan
Yang menjadi anjuran makanan kista yaitu kacang pohon (badam, almond) dan kacang hazel. konsumsilah secara rutin.

Apabila tulisan ini dianggap bermanfaat, mohon di share ya!!!

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi