Penyebab dan Ciri Ciri Sinusitis

penyebab dan ciri ciri sinusitisInfeksi sinus atau sinusitis yang terjadi setelah serangan flu, sehingga banyak yang mengalaminya tapi sulit mengetahuinya. untuk mengetahui apakah kita mengalami infeksi sinus bisa dilihat dari warna lendir yang keluar dari hidung atau ingus.

Ingus itu bisa berwarna kuning atau hijau akibat infeksi virus, bukan hanya karena infeksi bakteri sekunder.

Penyebab Sinusitis

Sinusitis biasanya dimulai selama serangan flu biasa, atau beberapa infeksi virus lainnya. ini menyebabkan selaput lendir hidung membengkak. dapat menekan lubang melalui lendir yang meninggalkan sinus.

Sebagian besar kasus, penyebab sinusitis oleh infeksi virus. namun, pada beberapa orang, infeksi bakteri dapat berkembang. ini karena ketika sinus mengisi dengan lendir dan mengosongkan oksigen, keadaan tersebut sangat ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Bakteri sering sudah di hidung, tetapi tidak menyebabkan infeksi karena mereka ditahan oleh pertahanan alami tubuh.

Jika pertahanan tubuh tidak berfungsi dengan baik, bakteri dapat menyebabkan infeksi.

Dalam kasus yang jarang terjadi, sinusitis dapat disebabkan oleh infeksi jamur. penderita sinusitis yang di akibatkan karena jamur, biasanya memiliki gangguan medis lain. hal ini di karenakan melemahnya sistem kekebalan dalam tubuh penderita sinusitis akibat infeksi jamur.

Beberapa hal yang menganggu hidung juga bisa menyebabkan sinusitis. Misalnya, alergi serbuk bunga dan alergi lainnya meningkatkan kemungkinan anda terkena sinusitis.

Ciri Ciri Orang Terkena Sinusitis

Sinusitis memiliki tanda yang sangat berbeda dari pilek atau flu. ciri utamanya adalah rasa sakit atau tekanan pada wajah, kemacetan, cairan hidung atau cairan post-nasal, dan berkurangnya kemampuan untuk mencium atau hidung tersumbat. lokasi nyeri tergantung pada sinus atau sinus yang terpengaruh.

Keluhan lain yang termasuk ciri ciri sinusitis yaitu sakit kepala, bau mulut, kelelahan, dan batuk.

Infeksi sinus bawah (rahang atas) menyebabkan sakit gigi di rahang atas dan nyeri di daerah di bawah mata, sementara infeksi sinus atas (frontal) menyebabkan rasa sakit di kuil. infeksi sinus kecil di antara mata (sinus ethmoid) menyebabkan rasa sakit di antara dan di belakang mata.

Pus kuning atau hijau mungkin mengalir keluar dari hidung, dan mungkin ada bau yang tidak menyenangkan. seseorang dengan sinusitis mungkin merasa tidak sehat secara umum, dan dapat mengalami demam dengan derajat rendah (kurang dari 38 ° C).

Infeksi virus berbeda dari sinusitis bakteri, yang biasanya hilang dalam waktu kurang dari 7 hari. jika gejala bertahan selama lebih dari 7 hari, infeksi kemungkinan bersifat bakteri.

Sinusitis akut biasanya berlangsung sekitar 2 minggu. namun, pada beberapa orang, infeksi dapat berlangsung lebih lama. orang yang memiliki lebih dari 4 episode per tahun dianggap memiliki sinusitis akut berulang dan harus dirujuk ke spesialis.

Dan ketika gejala bertahan lebih dari 12 minggu, kondisi ini disebut sinusitis kronis.

Untuk itu agar terhindar dari komplikasi, pengobatan sinusitis segera mungkin harus diambil. tidak ini juga kemungkinan besar dapat memangkas waktu pada proses penyembuhannya.

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi