Sakit Di Ulu Hati, Apa Penyebab Sebenarnya?

pemicu sakit pada ulu hatiMerasakan sakit pada ulu hati yang disertai rasa yang perih membuat kita ingin tahu penyebabnya, yap, memang pada awalnya kita merasa biasa saja. akan tetapi jika terus berulang-ulang, tentu membuat penderitanya akan merasa khawatir juga.

Penyebab Sakit Di Ulu Hati

Nah, disini kami akan membagikan untuk anda informasi penyebab sakit di ulu hati, yaitu :

Gangguan asam lambung atau (GERD)

Penyakit ini terjadi ketika asam lambung naik menuju esofagus (kerongkongan), sehingga menyebabkan ulu hati anda terasa sakit.

Sindrom Dispepsia

Sindrom dispepsia, dipengaruhi oleh gangguan pencernaan yang disebabkan oleh peningkatan produksi asam lambung.

Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh beragam hal, mulai dari asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi, hingga faktor psikis. kondisi ini kerap menimbulkan nyeri ulu hati, sehingga dikenal sebagai keluhan sakit maag.

Gastritis

Jika pada penderita sindrom dispepsia ditemukan peradangan pada permukaan lambung melalui pemeriksaan endoskopi lambung, maka kondisi tersebut dikenal sebagai gastritis.

Gastritis dapat dipengaruhi oleh adanya infeksi bakteri H. pylori dan efek samping mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid. gastritis bisa terjadi secara akut dan ataupun kronis yang berlangsung bertahun-tahun, diikuti dengan gejala sakit atau ketidaknyamanan pada dada dan mual.

Minum alkohol berlebihan

Minum alkohol berlebihan dalam satu waktu, sangat berbahaya, apalagi jika dilakukan dalam jangka panjang. Karena hal tersebut dapat menyebabkan peradangan dinding lambung anda, yang dalam jangka waktu singkat peradangan tersebut bisa mengalami luka dan menimbulkan perdarahan.

Minum terlalu banyak juga bisa menyebabkan kondisi seperti pankreatitis, dan penyakit hati.

Tukak lambung

Merupakan suatu kondisi dimana terdapat luka terbuka pada lapisan dinding lambung atau sebagian usus kecil.

Terjadinya hal tersebut pun ialah karena zat asam dalam saluran pencernaan merusak permukaan dalam bagian lambung dan usus kecil. Sehingga menimbulkan luka yang sangat menyakitkan hingga menjadikannya berdarah.

Sindrom iritasi usus

Selain rasa sakit pada ulu hati, kondisi ini pun kerap menyerang usus besar hingga menimbulkan beberapa gejala terhadap tubuh. Kondisi ini mungkin terjadi karena dinding usus yang dilapisi lapisan otot lebih lama dan kuat bergerak dibanding biasanya.

Penyakit kantong empedu

Kantong empedu merupakan kantong kecil yang berada di bawah hati. Kantong ini sebagai tempat menyimpan cairan tubuh untuk membantu mencerna lemak yang disebut dengan cairan empedu.

Dan saat kantong empedu bermasalah, perut akan terasa sangat sakit diiringi mual, muntah, demam, tinja berubah warna, tubuh gemetar, nyeri ulu hati dan dada.

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi